SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1 Alokasi Waktu per Semester: 72
jam pelajaran
Standar Kompetensi:
1. Menganalisis gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1 Menganalisis
gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan
vektor
|
Perpaduan gerak antara:
·
glb dan glb
·
glb dan glbb
Gerak parabola
Gerak melingkar dengan
percepatan konstan
|
·
Mengidentifikasi
katrakteristik perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui
presentas, percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya
gerak mobil mainan di atas triplek yang bergerak)
·
Menganalisis
vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam
bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di
kelas
·
Menerapkan
analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada
gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan
masalah
|
·
Menganalisis
besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus
dengan menggunakan vektor
·
Menganalisis
besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
·
Menganalisis
besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan
vektor
·
Menganalisis
vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
|
Penugasan,
penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
|
12 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,
|
1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan
hukum-hukum Newton
|
Hukum Newton tentang Gravitasi
Gaya gravitasi antar partikel
Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
Gravitasi antar planet
Hukum Keppler
|
·
Mendiskusikan
konsep gerak, gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan
gerak planet melalui berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan
lain-lain)
·
Memformulasikan
hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan
gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas
·
Menganalisis
keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet,
gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah
|
·
Menganalisis
hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
·
Menghitung
resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
·
Membandingkan
percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
·
Menganalisis
gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler
|
Penugasan,
tes tertulis
|
12 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,
|
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
|
Hukum Hooke dan elastisitas
|
·
Melakukan
percobaan untuk mengidentifikasi sifat benda elastis
·
Memformulasikan
konsep gaya pegas, modulus elastisitas, tetapan gaya, dan energi potensial
pegas melalui diskusi kelas
·
Menganalisis
penerapan susunan pegas seri atau paralel dalam kehidupan (misalnya: sock
breker, spring bad, peralatan fitness,
dan lain-lain)
·
Menganalisis penerapan
konsep pegas dan prinsip hukum Hooke dalam diskusi pemecahan masalah
|
·
Mendeskripsikan
karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik)
·
Mengidentifikasi
modulus elastisitas dan konstanta gaya
·
Membandingkan tetapan
gaya berdasarkan data pengamatan
·
Menganalisis
susunan pegas seri dan paralel
|
Penilaian
kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
|
10 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, mistar, dan pegas
|
1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
|
Gerak getaran
|
·
Melakukan
percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik gerak getaran pada pegas
(simpangan, amplitudo, periode, dan lain-lain) secara berkelompok
·
Memformulasikan
hubungan antara simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pada gerak getaran
melalui diskusi kelas
·
Menganalisis
penerapan konsep dan prinsip pada getaran melalui diskusi pemecahan masalah
|
·
Mendeskripsikan
karakteristik gerak pada getaran pegas
·
Menjelaskan
hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data
pengamatan
·
Menganalisis
gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran
|
Penilaian
kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
|
10 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan, bahan presentasi
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, stopwatch, pegas dan media
presentasi
|
1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum
kekekalan energi mekanik
|
Usaha dan energi
·
Konsep usaha
·
Hubungan usaha
dan energi kinetik
·
Hubungan usaha dengan
energi potensial
·
Hukum kekekalan
energi mekanik
|
·
Merumuskan
konsep usaha, energi kinetik, energi potensial (gravitasi dan pegas), dan
energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas
·
Mendemonstrasikan
usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik
·
Mendemonstrasikan
usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial
·
Menerapkan
prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika
gerak melalui diskusi kelas
|
·
Mendeskripsikan
hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
·
Menghitung
besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik
·
Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik
·
Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial
·
Merumuskan
bentuk hukum kekekalan energi mekanik
|
Tes
tertulis, penugasan
|
8 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi
|
1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam
kehidupan sehari-hari
|
Hukum kekekalan energi mekanik
·
Penerapan
energi mekanik pada gerak jatuh bebas
·
Penerapan
energi mekanik pada gerak di bidang
miring
·
Penerapan
energi mekanik pada gerak planet/
satelit
·
Penerapan
energi mekanik pada gerak getaran
|
·
Menyelidiki
berlakunya hukum kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas, parabola
dan gerak harmonik sederhana
·
Menerapkan
hukum kekekalan energi mekanik dalam memecahkan masalah gerak jatuh bebas,
gerak bidang miring, gerak dalam bidang lingkaran, gerak planet/satelit, dan
gerak getaran secara berkelompok
|
· Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana
· Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
dalam bidang miring
· Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
benda pada bidang lingkaran
· Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
satelit
· Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak
getaran
|
Penugasan,
tes tertulis
|
8 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar masalah, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi
|
1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk
menyelesaikan masalah tumbukan
|
Momentum, impuls, dan tumbukan
|
·
Mendiskusikan
konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum dalam diskusi
kelas
·
Melakukan
percobaan hukum kekekalan momentum
·
Menganalisis
pemecahan masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum
|
·
Memformulasikan
konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya
dalam kehidupan (misalnya roket)
·
Merumuskan hukum
kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
·
Mengintegrasikan
hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa
tumbukan
|
Penilaian
kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
|
12 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: kereta dinamik, papan luncur, tiker timer, media presentasi
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Standar
Kompetensi:
2. Menerapkan konsep dan
prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1 Menformulasikan hubungan
antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II
Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
|
Keseimbangan benda tegar
dan titik berat
Dinamika
rotasi
|
·
Mendorong
benda dengan posisi
·
Merumuskan
dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan
resultan
·
Melakukan
percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di
kelas/ laboratorium
· Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam
diskusi pemecahan masalah di kelas
· Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi
pemecahan masalah di kelas
|
·
Memformulasikan
pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda
tersebut
·
Mengungkap analogi hukum II
Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
·
Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai
bentuk benda tegar
·
Memformulasikan hukum
kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
·
Menerapkan
konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Penilaian
kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
|
20
jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi
|
2.2 Menganalisis hukum-hukum
yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Fluida statik
Fluida
dinamik
|
· Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum
Pascall melalui percobaan
·
Melakukan
percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
· Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan
masalah
· Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau
hukum Pascall secara berkelompok
· Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas
Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah
·
Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan asas
Bernoulli secara berkelompok
|
·
Memformulasikan hukum
dasar fluida statik
·
Menerapkan hukum dasar
fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
·
Memformulasikan hukum dasar
fluida dinamik
·
Menerapkan hukum dasar
fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
|
Penilaian
kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), tes tertulis
|
16
jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca,
media presentasi
|
Standar Kompetensi:
3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal
monoatomik
|
Teori kinetik gas
· Persamaan umum gas
· Tekanan dan energi kinetik gas
|
· Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi
kinetik dalam diskusi kelas
· Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik
dalam diskusi pemecahan masalah
|
·
Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan
fisika sehari-hari
·
Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses
isotermik, isokhorik, dan isobarik
|
Penugasan,
test tertulis
|
14 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi
|
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan
hukum termodinamika
|
Termodinamika
· Hukum utama termodinamika
· Mesin Carnot
|
· Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip
hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
· Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan
adiabatik dalam diskusi kelas
· Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin
pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah
|
·
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika
·
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
|
Penugasan,
test tertulis
|
14 jam
|
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar