Tugas mata
kuliah
“RPP”
“media dalam
pembelajaran fisika”
Oleh :
Putri handayani (06111011029)
Dosen Pengasuh :
DRa. Murniati., M.SI
Dr. ketang wiyono., S.PD., M.si
Fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan
Universitas sriwijaya
2012 / 2013
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Program/
Semester
Materi
Alokasi Waktu
|
: SMA .......
: FISIKA
: XI / UMUM / GAZAL
: GERAK
: 2 x 45 menit (1 pertemuan)
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
:
|
Menerapkan Konsep Dan Prinsip Dasar
Kinematika Dan Dinamika
|
KOMPETENSI
DASAR
|
:
|
Menganalisis Besaran Fisika
Pada Gerak Melingkar Dengan Laju Konstan.
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
:
|
v Merumuskan
Gerak Melingkar Beraturan Secara Kualitatif
v Menjelaskan Pengertian Percepatan Sentripetal dan Gaya Sentripetal
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
pembelajaran ini siswa kompeten dalam :
A. KOGNITIF
1. Siswa Dapat Menjelaskan Prinsip Gerak Melingkar Pada
Roda – Roda Yang Berpusat Dengan Cermat Dan Teliti.
2. Siswa Dapat Menjelaskan Prinsip gerak Melingkar Pada
Roda – Roda yang Bersinggungan.
3. Siswa Dapat Menjelaskan Prinsip gerak Melingkar Pada
Roda – Roda yang Dihubungkan Dengan Tali
4. Siswa Dapat Menjelaskan Konsep Percepatan Sudut Pada
Gerak Melingkar Dengan Benar Pada Kehidupan sehari – hari .
5. Siswa Dapat menghitung Percepatan Sudut pada gerak
Melingkar Dengan Tepat dan Teliti.
6. Siswa Dapat Menjelaskan Konsep Percepatan Sudut Pada
Gerak Melingkar Di kehidupan Sehari – hari Dengan Benar.
7. Siswa Dapat Menghitung Percepatan Sentripetal dengan
tepat dan teliti.
8. Siswa Dapat Menjelaskan hubungan Antara Percepatan Sudut dan Percepatan Sentripetal.
9. Siswa Dapat Menjelaskan Konsep Gaya Sentripetal dengan
Benar.
10. Siswa Dapat Menghitung Gaya Sentripetal Dengan Cermat
dan Teliti.
B. PSIKOMOTORIK
1. Siwa Dapat Mengamati Adanya Percepatan Sentripetal dan
Gaya Sentripetal Pada Gerak Melingkar
2. Siswa Dapat Mendemonstrasikan Percobaan Untuk
Menyelidiki Adanya Percepatan dan Gaya
Sentripetal Pada Gerak Melingkar
C. AFEKTIF
1. Siswa dapat bekerja sama dengan kelompoknya pada saat
praktikum berlangsung
2. Menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan.
3. Mengajukan pertanyaan.
4. Menjadi pendengar yang baik.
5. Bersikap jujur.
6. Menunjukan rasa hormat
7. Belajar dengan tekun.
8. Memiliki tanggung jawab
9. Memiliki Kketelitian dalam menjawab soal maupun saat melakukan praktikum.
10. Menunjukan kedisiplinan.
.
B. MATERI PEMBELAJARAN
GERAK MELINGKAR
Jika sebuah benda bergerak dengan kelajuan konstan pada suatu lingkaran (
di sekeliling lingkaran ), Maka dikatakan baahwa benda tersebut melakukan gerak
melingkar beraturan.
Kecepatan pada gerak melingkar beraturan besarnya selalu tetap namun
arahnya berubah, arah kecepatanya selalu menyinggung lingkaran. Maka V selalu tegak lurus garis yang di
tarik oleh pusat lingkaran tersebut.
·
Pengertian radian :
1 radian adalah besarnya sudut tengah lingkaran yang panjang busurnya
sama dengan jari – jarinya.
Besarnya sudut :
q = radian
s= panjang busur
R=jari – jari
Jika
panjang busur sama dengan jari-jari, maka q = 1 radian. Satu radian
dipergunakan untuk menyatakan posisi suatu titik yang bergerak melingkar (
beraturan maupun tak beraturan ) atau dalam gerak rotasi.
Keliling
lingkaran = 2 p x radius, gerakan melingkar dalam 1
putaran
= 2 p radian.
1
putaran = 360 0 = 2 p rad.
1
rad = = 57,3 0
·
Frekuensi dan Perioda dalam gerak melingkar beraturan.
Waktu
yang diperlukan P untuk satu kali berputar mengelilingi lingkaran di sebut
waktu edar atau perioda dan diberi notasi T. Banyaknya putaran per detik
disebut Frekwensi dan diberi notasi f. Satuan frekwensi ialah Herz atau cps (
cycle per second ). Jadi antara f dan T kita dapatkan hubungan : f . T = 1 f =
- Kecepatan linier dan
kecepatan sudut.
Jika
dalam waktu T detik ditempuh jalan sepanjang keliling lingkaran ialah 2 p R,
maka kelajuan partikel P untuk mengelilingi lingkaran dapat dirumuskan :
v
= Kecepatan ini disebut kecepatan linier dan diberi notasi v.
Kecepatan
anguler (sudut) diberi notasi w adalah perubahan dari perpindahan sudut
persatuan waktu (setiap saat). Biasanya dinyatakan dalam radian/detik, derajat
perdetik, putaran perdetik
(rps)
atau putaran permenit (rpm). Bila benda melingkar beraturan dengan sudut
rata-rata (w)dalam radian perdetik :
w
=
jika
1 putaran maka : w = rad/detik atau w = 2 p f
Dengan
demikian besarnya sudut yang ditempuh dalam t detik :
q
= w t atau q = 2 p f t
Dengan
demikian antara v dan w kita dapatkan hubungan :
v
= w R
- SISTEM GERAK MELINGKAR
PADA BEBERAPA SUSUNAN RODA.
-
Sistem langsung.
Pemindahan
gerak pada sistem langsung yaitu melalui persinggungan roda yang satu dengan
roda yang lain. Pada sistem ini kelajuan liniernya sama, sedangkan kelajuan
anguler tidak sama.
v
1 = v 2 , tetapi w1 w2
-
Sistem tak langsung.
Pemindahan
gerak pada sistem tak langsung yaitu pemindahan gerak dengan menggunakan ban
penghubung atau rantai. Pada sistem ini kelajuan liniernya sama, sedangkan
kelajuaan angulernya tidak sama.
v
1 = v 2 , tetapi w1 w2
-
Sistem roda pada satu sumbu ( CO-Axle )
Jika
roda-roda tersebut disusun dalam satu poros putar, maka pada sistem tersebut
titik-titik yang terletak pada satu jari mempunyai kecepatan anguler yang sama,
tetapi kecepatan liniernya tidak sama.
wA
= wR = wC , tetapi v A v B v C
- Percepatan centripetal.
Jika
suatu benda melakukan gerak dengan kelajuan tetap mengelilingi suatu lingkaran,
maka arah dari gerak benda tersebut mempunyai perubahn yang tetap. Dalam hal
ini maka benda harus mempunyai percepatan yang merubah arah dari kecepatan
tersebut. Arah dari percepatan ini akan selalu tegak lurus dengan arah kecepatan,
yakni arah percepatan selalu menuju kearah pusat lingkaran. Percepatan yang
mempunyai sifat-sifat tersebut di atas
dinamakn
PERCEPATAN CENTRIPETALNYA .
Harga
percepatan centripetal ( ar) adalah :
a
r =
a
r = atau ar = w2 R
Gaya
yang menyebabkan benda bergerak melingkar beraturan disebut GAYA CENTRIPETAL yang arahnya selalu ke
pusat lingkaran. Sedangkan gaya reaksi dari gaya centripetal (gaya
radial)
ini disebut GAYA CENTRIFUGAL yang
arahnya menjauhi pusat lingkaran. Adapun besarnya gaya-gaya ini adalah :
Gaya sentripetal (Fs) terjadi
saat benda melakukan gerak melingkar.
Gaya sentripetal adalah suatu resultan gaya yang arahnya menuju pusat lingkaran saat benda melakukan gerak melingkar.
Gaya sentripetal adalah suatu resultan gaya yang arahnya menuju pusat lingkaran saat benda melakukan gerak melingkar.
Gaya sentripetal dapat
terjadi baik pada benda yang bergerak melingkar horizontal maupunmelingkar vertikal .
Contoh benda yang bergerak melingkar horizontal adalah
: bandul yang diputar horizontal , gesekan antara ban mobil dengan jalan saat
membelok pada tikungan melingkar, ayunan kerucut (ayunan konis).
Bandul diputar horizontal
ayunan konis
gesekan antara ban mobil & jalan
Contoh benda yang bergerak melingkar vertikal
adalah :
1. Tali yang diputar vertikal
Saat benda di posisi 5 :
(tegangan tali minimum)
ΣFs = w + T
Saat benda di posisi 3:
ΣFs = T
Saat benda di posisi 1 :
(tegangan tali maksimum)
ΣFs = T – w
Saat benda di posisi 2 :
ΣFs = T – w cos α
2.
Gerak Benda pada sisi dalam lingkaran
Saat Benda di posisi A :
ΣFs = w + NA
Saat Benda di posisi B :
ΣFs = NB
Saat Benda di posisi C :
ΣFs = NC – w
Saat Benda di posisi D :
ΣFs = ND – w cos α
3. Gerak Benda pada sisi luar lingkaran
Saat benda di posisi A :
ΣFs = w – NA
Saat benda di posisi B :
ΣFs = w cos α – NB
C.
KRITERIERIA KETUNTASAN MINIMAL
KKM KD :
D. METODE PENDEKATAN :
§ Metode : Demonstrasi, Informasi / ceramah
bervariasi, diskusi, tanya jawab
§
Model : Direct Instruction, Cooperative
learning (jigsaw)
§ Pendekatan : Keterampilan Proses
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Langkah
|
Kegiatan Guru-Siswa
|
Waktu
|
Apersepsi/ Orientasi /
Motivasi
|
§ Guru mengucapkan salam dan menanyakan
kabar siswa.
§ Guru mengabsen siswa terlebih dahulu serta
menginformasikan SK, KD, Indikator, dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai (komunikatif, kreatif,)
§ Guru memotivasi siswa dengan memberikan
pertanya kepada siswa yang berhubungan
dengan materi ? ( apakah pernah melihat tontonan aksi acrobat seorang
yang mengendarai sepeda motor dengan lintasan melingkar seperti tong edan?
Mengapa orang tersebut tidak jatuh? ) (komunikatif, gemar membaca, rasa ingin tahu, )
§ Guru menulis judul
materi di papan tulis.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti/ Demonstrasi
|
§ Memberikan
contoh benda yang mengalami gaya sentripetal
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Guru menyajikan
materi tahap demi tahap tentang materi yang disampaikan.
§ Guru
memberi contoh soal yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan .
§ Guru meminta siswa menyelesaikan contoh
soal.
§ Guru meminta
teman lain untuk menanggapi jawaban temannya
yang sudah ditulis di papan tulis.
§ Guru
memberi umpan balik (pujian) pada jawaban yang sudah benar.
§ Guru menjelaskan kembali pada jawaban yang belum dimengerti.
§ Membagikan LKS yang berisi latihan untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang gerak melingkar.
§ Memberi
kesempatan bagi siswa untuk menyelesaikan LKS yang telah
dibagikan.
§ Mengumpulkan LKS yang sudah dikerjakan oleh
siswa.
|
75menit
|
Penutup
Refleksi
|
§
Guru
menunjuk siswa agar menarik kesimpulan dari apa yang telah di pelajari hari
ini.
§
Guru mengakhiri
pelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa, serta menyuruh siswa untuk
membuat resume untuk pelajaran selanjutnya. (mandiri)
§
Guru
mengucapkan salam.( komunikatif )
|
5 mnit
|
F. SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Buku Fisika Untuk SMA Kelas I (Kelas X) Semester I.
b.
Buku Fisika yang relevan
G. PENILAIAN HASIL BELAJAR
A.
Penilaian hasil belajar
- Tes
tertulis
- Bentuk instrument
- Uraian
H. Instrument
Contoh
Soal
1)
Jelaskan pengertian percepatan sentripetal!
Jawab:
Percepatan
sentripetal merupakan percepatan yang ada
dalam
gerak melingkar yang arahnya menuju pusat lingkaran
2)
Bola plastik diikat dengan seutas tali yang
panjangnya
50 cm, kemudian diputar membentuk
sebuah
lingkaran. Jika kecepatan putarannya 4 m/s,
tentukanlah
percepatan sentripeta yang diaalami bola
plastik
tersebut
Jawab:
Diketahui:
R = 0,5 m; v = 4 m/s
Mengetahui :
Kepala SMA………
ARIEF SURANDA S,Pd M,Pd
NIP 19670112 199303
1 010
|
Guru Mata
Pelajaran,
PUTRI
HANDAYANI S,Pd
NIP : 06111011029
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
GAYA SENTRIPETAL
EVALUASI PSIKOMOTOR:
I. Tujuan
- Siswa
mampu mengamati adanya percepatan sentripetal dan gaya sentripetal pada
gerak melingkar
- Siswa
dapat mendemonstrasikan percobaan untuk menyelidiki adanya percepatan
sentripetal dan gaya sentripetal pada gerak melingkar
Deskripsi alat yang digunakan :
Alat dan bahan :
1. Papan kayu atau papan plastik
2. Tali lentur yang kuat.
3. Gelas
4. Air
5. Kelereng
Prosedur :
1. Siapkan papan kayu atau plastik dengan ukuran yang
sama panjang dan lebarnya.
2. Buat lubang di ujung – ujung papn dengan cara
mengebornya.
3. Ikatkan 4 utas tali pada tiap – tiap lubangnya.
4. Simpulkan berkas tali tersebut hingga menjadi satu.
5. Letakan gelas yang sudahh diisi dengan krikil.
6. Mulailah ayunkan nampang dengan putaran penuh.
·
Jawablah pertanyaan yang tersedia di bawah ini .
Soal
- Apa
yang menyebabkan air dan kelereng tidak terjatuh dari gelas?
- Sebutkan
gaya apa saja yang bekerja pada air tersebut!
Penjelasan :
Selama bergerakl, gelas yang diisi
kerikil cenderung bergerak lurus beraturan ( bagian kedua hukum newton
pertama). Karena gelas dan air bergerak melingkar, gelas dan kerikil menekan
nampan ( gaya sentripugal) dan gaya sama
besar kearah pusat ( gaya sentripugal) yang dirasakan sebagai tegangan
pada tali.makin cepat putaran, makin kuat pula tegangan tali. Tegangan tali
yang lebih kurang tetap besarnya dengan mula – mula mengayun nampan ke kanan
dan kekiri sampai nampan hampir mencapai posisi horizontal dan setelah itu
lakukan putaran penuh.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar