Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu : Pertama / 2
x 45 menit
Metode :
demonstrasi
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Memformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk bentuk
benda tegar.
C.
Materi Essensial
Gaya sentripetal
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
(10 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Memahami peta konsep dinamika rotasi
o
Memahami momen gaya sebagai penyebab gerak
rotasi benda
o
Memahami momen inersia partikel
o
Menghitung momen inersia benda tegar dengan
metode intergrasi
o
Mempelajari beberapa momen inersia berbagai
benda tegar yang homogen
|
(160 menit)
|
3.
Penutup
o
Memberikan kesimpulan bahwa :
-
Momen inersia dari sebuah partikel bermassa
m didefinisikan sebagai hasil kali massapartikel (m) dengan kuadrat jarak
tegak lurus partikel dari titik poros (r2)
|
(10 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu : Ketiga - kelima / 6 x 45 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah
benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang
gerak translasi dan gerak rotasi
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut pada gerak rotasi.
o
Menganalisis masalah dinamika rotasi benda
tegar untuk berbagai keadaan
o
Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip
C.
Materi Essensial
Hubungan antara Momen
Gaya dengan percepatan sudut (Hlm. 135)
Energi dan Usaha
dalam Gerak Rotasi (Hlm. 135)
Momentum sudut (Hlm.
137)
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
(15 menit)
|
o
Memahami hubungan antara momen gaya dengan
percepatan sudut
o
Memahami hukum kekekalan momentum sudut
o
Menurunkan Energi kinetik gerak
menggelinding
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut ®
o
o
Memformulasikan kaitan antara momentum
sudut dengan torsi dan hukum kekekalan sudut pada gerak rotasi
o
Menyebutkan aplikasi hukum kekekalan
momentum
o
Mempelajari contoh soal 6.1 s.d 6.6
|
(240 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan benda bergerak
translasi dengan kecepatan v sambil
berotasi dengan kecepatan w.
|
(15 menit)
|
o
Mengerjakan soal latihan 6 Hlm. 141
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu : Keenam / 2 x 45 menit
Metode :
Mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah
benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang
gerak translasi dan gerak rotasi
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut pada gerak rotasi.
o
Menganalisis masalah dinamika rotasi benda
tegar untuk berbgai keadaan
o
Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip
C.
Materi Essensial
Evaluasi Bab 6
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Mengerjakan evaluasi bab 6 hlm. 144
|
(80 menit)
|
o
Memberiakn motivasi untuk lebih giat
mengerjakan soal latihan
|
(5 menit)
|
o
–
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Keseimbangan Benda
Tegar
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 45 menit
Metode :
Mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Menganalisis keseimbangan partikel atau titik
materi
o
Menerapkan konsep keseimbangan benda tegar
dalam persoalan fisika
o
Menentukan kordinat titik tangkap gaya
resultan
o
Menentukan titik berat benda-benda homogen
berbentuk ruang, luasan maupun garis
o
Membedakan jenis-jenis keseimbnagan statik
dan keseimbnagan dinamik
o
Menganalisis syarat-syarat benda menggeser,
memutar maupun mengguling
C.
Materi Essensial
Keseimbangan Partikel (Hlm. 148)
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Memahami syarat keseimbangan statis sistem
partikel
o
Memahami syarat keseimbangan statis benda
tegar dan
|
(80 menit)
|
o
Kesimpulan : suatu benda tegar berada dalam
keseimbangan statis bila mula-mula benda dalam keadaan diam dan resultan gaya
pada benda sama dengan nol, serta torsi terhadap titik sembarang yang dipilih
sebagai poros sama dengan nol
|
(5 menit)
|
o
–
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Keseimbangan Benda
Tegar
Pertemuan / waktu : Kedelapan dan kesembilan / 4 x 45
menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah
benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan gerak rotasi
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut pada gerak rotasi.
o
Menganalisis masalah dinamika rotasi benda
tegar untuk berbgai keadaan
o
Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip
C.
Materi Essensial
Keseimbangan Benda Tegar (Hlm. 149)
o
Momen gaya (Hlm. 149)
o
Momen kopel (Hlm. 150)
o
Syarat kesimbangna benda tegar (Hlm. 151)
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(10 menit)
|
o
Meghitung momen gaya dan momen kopel
o
Memahami konsep titik berat
o
Mempelajari contoh soal 7.1 s.d 7.7.
o
Mengerjakan soal larihan 7A Hlm. 157
|
(160 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan : momen kopel M
didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya F dengan jarak antara kedua gaya
d.
|
(10 menit)
|
o
-
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Keseimbangan Benda
Tegar
Pertemuan / waktu : Kesepuluh dan kesebelas / 4 x 45
menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah
benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang
gerak translasi dan gerak rotasi
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut pada gerak rotasi.
o
Menganalisis masalah dinamika rotasi benda
tegar untuk berbgai keadaan
C.
Materi Essensial
Titik Berat (Hlm. 157)
Jenis Keseimbangan (Hlm. 165)
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Memahami konsep titik berat
o
Memformulasikan pusat massa
o
Mempelajari contoh soal 7.8 s.d 7.9
o
Mengerjakan soal latihan 7B. Hlm. 165
o
Menentukan letak titik berat berbagai benda
o
Menyebutkan jenis-jenis keseimbangan
o
Mengerjakan soal latihan 7C. Hlm. 167
|
(80 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan : berat keseluruhan
benda adalah resultan dari semua gaya gravitasi berarah vertikal ke bawah
dari semua partikel ini, dan resultan gya ini bekerja melalaui suatu titik
tunggal yang disebut titik berat
|
(5 menit)
|
o
-
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi
Pokok : Keseimbangan Benda
Tegar
Pertemuan / waktu : keduabelas / 2 x 45 menit
Metode :
menjawab soal
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan
hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan
hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
B.
Indikator
o
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah
benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang
gerak translasi dan gerak rotasi
o
Menggunakan konsep momen inersia untuk
berbagai bentuk benda tegar
o
Memformulasikan hukum kekekalan momentum
sudut pada gerak rotasi.
o
Menganalisis masalah dinamika rotasi benda
tegar untuk berbgai keadaan
o
Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip
C.
Materi Essensial
Evaluasi bab 7
D.
Media Belajar
o
Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Mengerjakan Evaluasi bab 7. hlm. 170
|
(80 menit)
|
Memberikan
motivasi untuk banyak mengerjakan soal
|
(5 menit)
|
o
–
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar