heloww :D

Sabtu, 23 Maret 2013

RPP dinamika rotasi


Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 45 menit
Metode                         : demonstrasi

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk bentuk benda tegar.

C.    Materi Essensial
Gaya sentripetal

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.     Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(10 menit)

2.     Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep dinamika rotasi
o    Memahami momen gaya sebagai penyebab gerak rotasi benda
o    Memahami momen inersia partikel
o    Menghitung momen inersia benda tegar dengan metode intergrasi
o    Mempelajari beberapa momen inersia berbagai benda tegar yang homogen


(160 menit)

3.     Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa :
-   Momen inersia dari sebuah partikel bermassa m didefinisikan sebagai hasil kali massapartikel (m) dengan kuadrat jarak tegak lurus partikel dari titik poros (r2)


(10 menit)

4.     Pekerjaan Rumah
o     




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )
Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu         : Ketiga - kelima / 6 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
o    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbagai keadaan
o    Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip

C.    Materi Essensial
Hubungan antara Momen Gaya dengan percepatan sudut (Hlm. 135)
Energi dan Usaha dalam Gerak Rotasi (Hlm. 135)
Momentum sudut (Hlm. 137)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(15 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami hubungan antara momen gaya dengan percepatan sudut
o    Memahami hukum kekekalan momentum sudut
o    Menurunkan Energi kinetik gerak menggelinding
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut  ®
o     
o    Memformulasikan kaitan antara momentum sudut dengan torsi dan hukum kekekalan sudut pada gerak rotasi
o    Menyebutkan aplikasi hukum kekekalan momentum
o    Mempelajari contoh soal 6.1 s.d 6.6


(240 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan benda bergerak translasi dengan kecepatan v sambil berotasi dengan kecepatan w.


(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    Mengerjakan soal latihan 6 Hlm. 141



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )
Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Dinamika Rotasi
Pertemuan / waktu         : Keenam / 2 x 45 menit
Metode                         : Mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
o    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbgai keadaan
o    Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip

C.    Materi Essensial
Evaluasi Bab 6

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mengerjakan evaluasi bab 6 hlm. 144


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberiakn motivasi untuk lebih giat mengerjakan soal latihan


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )












Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Keseimbangan Benda Tegar
Pertemuan / waktu         : Ketujuh / 2 x 45 menit
Metode                         : Mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Menganalisis keseimbangan partikel atau titik materi
o    Menerapkan konsep keseimbangan benda tegar dalam persoalan fisika
o    Menentukan kordinat titik tangkap gaya resultan
o    Menentukan titik berat benda-benda homogen berbentuk ruang, luasan maupun garis
o    Membedakan jenis-jenis keseimbnagan statik dan keseimbnagan dinamik
o    Menganalisis syarat-syarat benda menggeser, memutar maupun mengguling

C.    Materi Essensial
Keseimbangan Partikel (Hlm. 148)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami syarat keseimbangan statis sistem partikel
o    Memahami syarat keseimbangan statis benda tegar  dan



(80 menit)

  1. Penutup
o    Kesimpulan : suatu benda tegar berada dalam keseimbangan statis bila mula-mula benda dalam keadaan diam dan resultan gaya pada benda sama dengan nol, serta torsi terhadap titik sembarang yang dipilih sebagai poros sama dengan nol


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )







Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Keseimbangan Benda Tegar
Pertemuan / waktu         : Kedelapan dan kesembilan / 4 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
o    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbgai keadaan
o    Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip

C.    Materi Essensial
Keseimbangan Benda Tegar (Hlm. 149)
o    Momen gaya (Hlm. 149)
o    Momen kopel (Hlm. 150)
o    Syarat kesimbangna benda tegar (Hlm. 151)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(10 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Meghitung momen gaya dan momen kopel
 
o    Memahami konsep titik berat
o    Mempelajari contoh soal 7.1 s.d 7.7.
o    Mengerjakan soal larihan 7A Hlm. 157


(160 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan : momen kopel M didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya F dengan jarak antara kedua gaya d.


(10 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Keseimbangan Benda Tegar
Pertemuan / waktu         : Kesepuluh dan kesebelas / 4 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
o    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbgai keadaan

C.    Materi Essensial
Titik Berat (Hlm. 157)
Jenis Keseimbangan (Hlm. 165)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami konsep titik berat
o    Memformulasikan pusat massa           
o    Mempelajari contoh soal 7.8 s.d 7.9
o    Mengerjakan soal latihan 7B. Hlm. 165
o    Menentukan letak titik berat berbagai benda
o    Menyebutkan jenis-jenis keseimbangan
o    Mengerjakan soal latihan 7C. Hlm. 167


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan : berat keseluruhan benda adalah resultan dari semua gaya gravitasi berarah vertikal ke bawah dari semua partikel ini, dan resultan gya ini bekerja melalaui suatu titik tunggal yang disebut titik berat


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                 : Keseimbangan Benda Tegar
Pertemuan / waktu         : keduabelas / 2 x 45 menit
Metode                         : menjawab soal

A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.

B.    Indikator
o    Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
o    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
o    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
o    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
o    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbgai keadaan
o    Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip

C.    Materi Essensial
Evaluasi bab 7

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mengerjakan Evaluasi bab 7. hlm. 170


(80 menit)

  1. Penutup
Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Jl. Kelapa gading 4 Blok 4b no.129 .Perumnas Talang Kelapa palembng km 10 TELP 081216808325 081272143642

o'clock

My tweet

https://twitter.com/putriihandyani